SOAL :
1. Apakah
etika dan bisnis sebagai sebuah profesi dapat dilaksanakan dalam dunia
industri?
Menurut pendapat saya, dapat dipahami bahwa etika sesungguhnya sangat relevan diterapkan dalam bisnis. Kendati bisnis adalah sebuah pertaruhan, pertaruhan dalam bisnis menyangkut nilai-nilai yang sangat hakiki seperti kehidupan manusia dan nasib banyak orang yang terkait. Bahkan pertaruhan itu tidak hanya berdimensi jangka pendek melinkan juga perlu memperhitungkan segala akibat dan resikonya untuk jangka panjang, etika profesi berkaitan dengan bidang pekerjaan dalam dunia industri yang telah dilakukan seseorang sehingga sangatlah perlu untuk menjaga profesi dikalangan masyarakat atau terhadap konsumen.
Menurut pendapat saya, dapat dipahami bahwa etika sesungguhnya sangat relevan diterapkan dalam bisnis. Kendati bisnis adalah sebuah pertaruhan, pertaruhan dalam bisnis menyangkut nilai-nilai yang sangat hakiki seperti kehidupan manusia dan nasib banyak orang yang terkait. Bahkan pertaruhan itu tidak hanya berdimensi jangka pendek melinkan juga perlu memperhitungkan segala akibat dan resikonya untuk jangka panjang, etika profesi berkaitan dengan bidang pekerjaan dalam dunia industri yang telah dilakukan seseorang sehingga sangatlah perlu untuk menjaga profesi dikalangan masyarakat atau terhadap konsumen.
2. Apakah
prinsip dalam bisnis serta etikat dan lingkungan mempunyai dampak positif bagi
Anda?
Menurut pendapat saya, prinsip dalam bisnis serta etikat dan lingkungan sangat memiliki dampak positif karena dalam etika bisnis terdapat prinsip-prinsip yang harus ditempuh perusahaan untuk mencapai tujuannya dan harus dijadikan pedoman agar memiliki standar baku yang mencegah timbulnya ketimpangan dalam memandang etika moral sebagai standar kerja atau operasi perusahaan.
Menurut pendapat saya, prinsip dalam bisnis serta etikat dan lingkungan sangat memiliki dampak positif karena dalam etika bisnis terdapat prinsip-prinsip yang harus ditempuh perusahaan untuk mencapai tujuannya dan harus dijadikan pedoman agar memiliki standar baku yang mencegah timbulnya ketimpangan dalam memandang etika moral sebagai standar kerja atau operasi perusahaan.
3. Jelaskan
apakah agama, filosofi, budaya dan hukum berhubungan dengan model etika dalam
bisnis!
Menurut pendapat saya, bahwa agama sumber dari segala moral dalam etika apapun dengan kebenarannya yang absolut. tiada keraguan dan tidak boleh diragukan nilai-nilai etika yang bersumber dari agama, filosofi ialah salah satu sumber nilai-nilai etika yang juga menjadi acuan dalam pengambilan keputusan oleh manusia, budaya yaitu referensi penting lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai acuan etika bisnis adalah pengalaman dan perkembangan budaya, sedangkan hukum adalah perangkat aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah dalam rangka untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Dapat disimpulkan dari masing-masing pengertian diatas bahwa agama, filosofi, budaya dan hukum saling berhubungan karena sumber-sumber nilai etika yang menjadi acuan dalam melaksanakan etika dalam bisni
Menurut pendapat saya, bahwa agama sumber dari segala moral dalam etika apapun dengan kebenarannya yang absolut. tiada keraguan dan tidak boleh diragukan nilai-nilai etika yang bersumber dari agama, filosofi ialah salah satu sumber nilai-nilai etika yang juga menjadi acuan dalam pengambilan keputusan oleh manusia, budaya yaitu referensi penting lainnya yang dapat dimanfaatkan sebagai acuan etika bisnis adalah pengalaman dan perkembangan budaya, sedangkan hukum adalah perangkat aturan-aturan yang dibuat oleh pemerintah dalam rangka untuk menjamin kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Dapat disimpulkan dari masing-masing pengertian diatas bahwa agama, filosofi, budaya dan hukum saling berhubungan karena sumber-sumber nilai etika yang menjadi acuan dalam melaksanakan etika dalam bisni
4. Jelaskan
norma dan etika dalam pemasaran terhadap etika dalam beriklan!
Menurut pendapat saya, dalam periklanan etika dan norma sangat diperlukan terutama persaingan yang sehat sangat diperlukan untuk menarik konsumen. Karena dunia periklanan yang sehat sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi suatu negara. Sudah saatnya iklan di Indonesia bermoral, bernorma dan beretika. Tidak adanya norma dan etika dalam beriklan akan sangat merugikan bagi masyarakat, selain itu juga bagi ekonomi suatu negara. Banyak sekali yang melupakan etika dalam beriklan. Iklan sangat penting dalam menentukan posisi sebuah produk.
iklan yang baik adalah iklan yang mempunyai 2 faktor penting, yaitu etis dan estetis.
contoh penerapan etika dalam periklanan yaitu: iklan pembalut wanita, iklan sabun mandi, iklan rokok.
Menurut pendapat saya, dalam periklanan etika dan norma sangat diperlukan terutama persaingan yang sehat sangat diperlukan untuk menarik konsumen. Karena dunia periklanan yang sehat sangat berpengaruh terhadap kondisi ekonomi suatu negara. Sudah saatnya iklan di Indonesia bermoral, bernorma dan beretika. Tidak adanya norma dan etika dalam beriklan akan sangat merugikan bagi masyarakat, selain itu juga bagi ekonomi suatu negara. Banyak sekali yang melupakan etika dalam beriklan. Iklan sangat penting dalam menentukan posisi sebuah produk.
iklan yang baik adalah iklan yang mempunyai 2 faktor penting, yaitu etis dan estetis.
contoh penerapan etika dalam periklanan yaitu: iklan pembalut wanita, iklan sabun mandi, iklan rokok.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar